Blogger Templates

Selasa, 08 November 2011

PERILAKU KONSUMEN DAN STRATEGI PEMASARAN


Perilaku Konsumen dan Pemasaran

Perilaku konsumen adalah tindakan yang dilakukan oleh individu,kelompok mendapatkan,menghabiskan barang dan jasa guna memenuhi kebutuhannya. Ilmu perilaku konsumen bisa digunakan dalam hal :
*     Kebijakan Pemasaran
Kebijakan digunakan untuk menerapkan peraturan yang dibuat sebagai perlindungan dan bantuan bagi konsumen.
*     Pemasaran Untuk Masyarakat (Social Market)
Social market digunakan untuk menciptakan perilaku yang berefek positif pada masyarakat luas. Social market biasanya digunakan untuk mengkampanyekan usaha mengurangi rokok,imunisasi pada anak-anak,mengkampanyekan bahaya AIDS,bahaya narkoba serta hal lain yang sangat penting dan berhubungan dengan masyarakat dengan masyarakat luas.
*     Informasi Individualis
Kebanyakan penduduk pada masyarakat berkembang menggunakan lebih banyak waktu untuk kegiatan konsumsi dibandingkan kegiatan lainnya,termasuk tidur dan bekerja.
*     Strategi Pemasaran dan Perilaku KOnsumen
Keuntungan konsumen adalah selisih antara manfaat yang dapat diambil dari produk dan semua biaya yang dilakukan untuk mendapatkan manfaat dari produk tersebut. Reaksi dari konsumen terhadap suatu produk menentukan sukses atau gagal dari sebuah produk.

Analisia Pasar
*     Membahas Perilaku Konsumen
*     Membahas Tentang Perusahaan
*     Melihat Kompetitor
*     Mengkaji Kondisi

Segmentasi Pasar
          Segmentasi pasar adalah bagian dari pasar yang lebih besar,yang kebutuhannya sedikit berbeda dibandingkan pasar yang lebih besar. Karena segmen pasar mempunyai kebutuhan yang unik,perusahaan yang mengkgususkan produk untuk segmen ini semata,akan lebih dapat memenuhi keinginan konsumen dibandingkan perusahaan yang memproduksi barang untuk segmen yang luas. Agar dapat terus berjalan segmen pasar khusus harus luas tetap agar tetap dapat mmemberikan keuntungan.
Segmentasi pasar meliputi 4 langkah :
*     Mengidentifikasi kebutuhan yang berhubungan dengan produk
*     Mengelompokan konsumen dengan kebutuhan yang sama
*     Menggambarkan setiap kelompok
*     Menyeleksi segmen-segmen yang menarik untuk dilayani

Strategi Pemasaran
Standar yang jelas dalam memilih target pasar adalah kemampuan untuk memberikan nilai yang lebih kepada segmen pasar. Karena nilai konsumen dihasilkan dari strategi pemasaran,perusahaan mampu untuk membangun strategi pemasaran mereka untuk mengevaluasi target pasar yang potensial.
*     Produk
*     Komunikasi
*     Harga
*     Distribusi
*     Servis

Proses Pengambilan Keputusan Konsumen
          Proses keputusan konsumen dipengaruhi oleh strategi pemasaran dan hasil yang diperoleh konsumen. Hasil dari strategi pemasaran ditentukan oleh proses pengambilan keputusan konsumen. Perusahan akan berhasil jika, prosesnya adalah sebagai berikut; konsumen mengenali kebutuhan kemudian mengetahi keberadaan suatu produk dan kemampuannya,memutuskan bahwa produk ini solusi tepat,membelinya dan mendapatkan kepuasan dari produk yang dibelinya.
Hasil Atau Outcomes
Bagi Perusahaan
·        Posisi produk
Hasil paling dasar bagi perusahaan adalah posisi produk yaitu imej produk yang melekat dipikiran konsumen akan membantu dalam bersaing.
·        Penjualan
Penjualan adalah hasil yang penting. Karen memberikan hasil yang penting agar perusahaan dapat melanjutkan bisnisnya. Sebenarnya semua perusahaan mengevaluasi kesuksesan program pemasaran met\reka melalui besar kecilnya penjualan.
·        Kepuasan Konsumen
Pemasar mengetahui bahwa lebih menguntungkan untuk mempertahankan konsumen yang telah ada disbanding menggantinya dengan konsumen baru. Memastikan konsumen yang ada sekarang mendapatkan kepuasan dari pembelian dan penggunaan produknya.

Bagi Individu
o   Pemenuhan Kepuasan
Hasil yang nyata dari proses konsumsi bagi individu, apakah terjadi pembelian atau tidak adalah tingkat kepuasan,tingkat kepuasan dapat dihitung tidak mendapatkan kepuasan sama sekali sampai komplit,artinya kebutuhan terpenuhi an kepuasan tercapai.
o   Konsumsi Yang Merugikan
Konsumai yang merugikan terjadi ketika individu atau kelompok memutuskan untuk mengkonsumsi sesuatu yang berdampak negative untuk badannya.
Bagi Masyarakat Luas
ü  Ekonomi
Keputusan konsumen untuk membeli atau tidak berdampak pada pertumbuhan ekonomi,ketersediaan biaya Negara,tingkat tenaga kerja,dan lai sebagainya.
ü  Kondisi lingkungan
Kegiatan yang terjadi berdampak ondisi lingkungan sekitarnya maupun lingkungan lain. Dampaknya dapat terlihat dari meningkatnya polusi udara,berkurang wilayah hutan hujan,kekeringan dan sebagainya.
ü  Kesejahteraan social
Keputusan mengenai seberapa banyak membelanjakan barang-barang kebutuhan pribadi labih dari barang-barang kebutuhan umum biasanya dibuat secara tidak langsung mewakili pilihan konsumen.

Sifat Dari Perilaku Konsumen
Ø  External Influnces
Ø  Internal Influnces
Ø  Self Concept and Life Style
Ø  Decision Proses



1 komentar:

  1. artikelnya gue pinjem yah, jadiin tugas kuliah gue :D, oiah kalo mau ikutan give away kita silahkan lho, hadiahnya buku kita :D

    BalasHapus