Blogger Templates

Senin, 06 Oktober 2014


PELANGGARAN KODE ETIK SEHARI-HARI


NAMA  :   WIDYA AYU NURHAYATI

NPM      :   27211386

KELAS    :   4EB24

                Setelah seminggu saya melakukan pengamatan, saya menemukan beberapa pelanggaran etika dalam kehidupan sehari-hari. Pelanggarannyapun tidak hanya dilakukan oleh anak-anak, remaja bahkan orang tua. Seharusnya perbuatan tersebut tidak patut ditiru. Pengamatan yang saya lakukan mendapatkan hasil sebagai berikut :

Rabu (01-10-2014)

Pukul 08.00   Dipagi hari ketika saya akan pergi ke kampus untuk menjalani tugas sebagai asisten laboratorium akuntansi menengah dikampus gunadarma, saya berangkat dengan menggunakan angkutan umum (angkot). Ditengah perjalanan ada seorang penumpang yaitu bapak-bapak yang cukup berumur dia turun di tambun namun supir angkot menurunkannya bukan ditempat tujuan tersebut, melainkan melewati tempat tujuan tersebut dan marah-marah dikarenakan penumpangnya tidak turun sekalian dengan penumpang lain yang turun sebelum tambun itu. Seharusnya angkutan umum memberikan kenyamanan untuk masyarakat yang menggunakan fasilitas tersebut. Dan menurunkan penumpang sesuai tujuannya.

Pukul 16.00    Suatu hari saya melewati suatu daerah di bekasi tepatnya diproyek. Disini saya sedang  berada diangkot arah pulang menuju rumah. Ditengah jalan ada suatu kecelakaan yang mengakibatkan motor sepasang suami istri yang sudah berumur jatuh ditengah jalan akibat ditabrak oleh seorang pengendara motor yang mengendarai motornya dengan ugal-ugalan. Disini bukan hanya sepasang suami istri yang menjadi korban namun jalananpun menjadi macet akibat kecelakaan tersebut.

Kamis (02-10-2014)

Pukul 06.40      Pagi ini seperti biasa saya melakukan aktifitas yaitu menjadi asisten laboratorium akuntansi menengah dikampus gunadarma. Ketika saya diangkot ditengah jalan tepatnya dipasar tambun ada seorang kakek-kakek yang memberhentikan angkot yang saya tumpangi, si kakek menaiki angkot dengan pelan karena dia sudah lansia dan salah satu tangannyapun tidak berfungsi itu yang mengakibatkan si kakek naik dengan pelan, tetapi supir angkot malah terus berjalan ketika mengetahui bahwa si kakek tidak sempurna fisiknya dan itu membuat si kakek akan jatuh akibat dia mau naik tetapi angkot berjalan.

Pukul 06.45      Dihari yang sama saya melihat seorang bapak-bapak yang hendak mengantar anak-anaknya untuk berangkat ke sekolah dengan mengendarai motor. Namun disini yang membuat saya prihati seorang bapak ini mengendarai motor bertiga dengan kedua anaknya dan tidak menggunakan helm. Hal ini berbahaya dan tidak pantas untuk ditiru.

Pukul 07.17     Sesampainya dikampus UNISMA tepatnya dilampu merah, ketika saya menunggu lampu merah ada beberapa motor yang menyerobot lampu merah padahal ini sangat membahayakan diri dia sendiri maupun orang lain.

Pukul 20.30      Ketika saya akan pulang menuju rumah. Tepatnya dilampu merah bulak kapal. Ketika saya akan naik elf, saya masih berdiri di elf belum duduk tetapi elf tersebut tiba-tiba jalan padahal masih lampu merah. Hal ini bukan hanya melanggar lampu merah namun membuat saya hampir jatuh keluar elf dan itu membahayakan diri saya sebagai penumpang.

Jum’at (03-10-2014)

Pukul 08.30     Hari ini saya melakukan aktifitas seperti biasanya. Sesampainya di terminal bekasi angkot yang saya tumpangi hampir bertabrakan dengan seorang pengendara bermotor yang mengendarai kendaraannya dengan arah yang berlawanan.

Pukul 09.00     Sesampainya di BCP saya melihat seorang anak muda yang mengendarai motor gede tiba-tiba diberhentikan oleh polisi karena  motornya tidak terdapat  plat nomornya.

Pukul 20.30     Selesai mengajar di laboratorium akuntansi menengah saya dengan teman-teman sesama aslab jalan-jalan kesebuah mall dibekasi. Disini saya berdua dengan teman saya dengan mengendarai motor, namun saya tidak menggunakan helm padahal hal ini telah melanggar etika karena hal ini bisa saja membuat saya celaka.

Sabtu (04-10-2014)

Pukul 08.00    Ketika saya akan berangkat ke kampus J3 yang berada dikemang, seperti biasa saya menggunakan angkutan umum. Disini supir angkot yang saya tumpangi merokok sambil mengendarai angkotnya. Padahal bukan hanya mengganggu konsentrasi berkendara melainkan mengganggu penumpang yang ia bawa.

Pukul 19.30     Disebuah bioskop yang ada di mall bekasi,ketika saya sedang menonton film Annabelle ada seseorang yang tidak mensilent telepon genggamnya. Sehingga membuat penonton lain merasa terganggu. Disini jelas-jelas ada larangan untuk mensilent telepon.

Pukul 20.00      Saya melihat seorang pengendara bermotor yang menelpon saat mengendarai motor. Hal ini sangat berbahaya karena mengganggu konsentrasi dia saat mengendarai motor dan bisa juga membahayakan orang lain.

Minggu (05-10-2014)

Pukul  10.00    Ketika saya menuju pulang kerumah saya melihat seorang anak muda dengan mengendarai motor bertiga tanpa helm. Dan salah satu anak memainkan handphone. Padahal disini sangat berbahaya karena bisa saja mencelakakan diri dia sendiri maupun orang lain.

Pukul 16.30     Masih banyak pejalan kaki yang menyebrang jalan tidak seharusnya. Seharusnya menyebrang di zebra cross tetapi mereka menyebrang dengan seenaknya sehingga membuat kemacetan dan membahayakan diri dia sendiri dan pengendara lain.

Pukul 17.30     Ketika saya sedang asik duduk didepan rumah tiba-tiba ada seorang ibu yang memarahi anaknya,dengan mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas diucapkan. Masalahnya sepele karena si anak tidak mau disuruh mandi. Namun sekalipun anak itu salah seorang ibu tidak pantas untuk mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas didengar oleh semua orang. Hal ini melanggar kode etik berbicara.

Senin (06-10-2014)

Pukul 12.30    Dikampus J4 kemang ketika pelajaran dimulai ada beberapa mahasiswa bahkan hampir semua mahasiswa ribut sendiri dikelas sehingga tidak mendengarkan ketika dosen sedang menjelaskan materi dikelas.

Pukul 14.00     Saya juga sering melihat banyak mahasiswa yang merokok di area kampus. Tidak hanya laki-laki yang meroko bahkan ada perempuan yang merokok di area kampus. Padahal sudah jelas ada peraturan tidak untuk merokok di area kampus. Kecuali ditempat yang sudah disediakan untuk merokok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar