Nama :Widya Ayu Nurhayati
Kelas : 1EB21
NPM : 27211386
Tugas Pegantar Bisnis
Bab 6
Bab 6
1. Jelaskan perbedaan pasar dengan pemasaran !
Jawab :
Perbedaan pasar dengan pemasaran adalah :
· Pasar adalah Tempat terjadinya transaksi jual beli untuk orang-orang yang mempunyai keinginan untuk memenuhi kebutuhan, uang untuk belanja serta kemauan untuk membelanjakannya yang dilakukan oleh penjual dan pembeli yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu atau kumpulan pembeli dan penjual yang melakukan transaksi atas sebuah produk atu kelompok produk tertentu (misalnya, pasar perumahan atau bahan makanan)
· Pemasaran adalah suatu proses sosial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.
2. Berikan contoh masing-masing 5 untuk :
a. Jenis pasar industri
b. Pasar penjual
Jawab :
a. Contoh dari Pasar Industri yaitu :
· Pabrik benang,
· Pengusaha Mebel,
· Pengusaha Alat-alat Rumah Tangga,
· Pengusaha kapas,
· Pabrik pensil.
b. Contoh dari Pasar Penjual yaitu :
· Buka Grosir Buah murah, lalu jual ke pedagang eceran.
· Beli Kepiting Bakau dari pengepul, lalu jual ke eksportir.
· Membeli ban di pabrik ban mobil, lalu dijual di bengkel.
· Membeli mobil kemudian di sewakan ke konsumen.
· Membeli sambel pecel di produsennya, kemudian dijual dipasar-pasar.
3. Apa yang dimaksud konsep inti pemasaran !
Jawab :
Yang dimaksud dengan Konsep inti pemasaran adalah seperangkat konsep yang menciptakan satu pondasi untuk manejemen pemasaran dan orientasi pemasaran holistik.
Konsep-konsep inti pemasaran antara lain sebagai berikut :
a. Kebutuhan, keinginan, dan permintaan.
b. Pasar sasaran, penentuan posisi, dan segmentasi.
c. Tawaran dan Merk.
d. Nilai dan Kepuasan.
e. Saluran pemasaran.
f. Rantai Pasokan.
g. Persaingan.
h. Lingkungan pemasaran.
i. Perencanaan pemasaran.
4. Sebut dan jelaskan 4 variabel bauran promosi !
Jawab :
Bauran Pemasaran terdiri dari :
a. Produk : Segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi.
b. Saluran Distribusi : Saluran yang digunakan produsen untuk menyalurkan dari produsen ke konsumen atau pembeli industri.
c. Harga : Sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hal milik produk.
d. Tempat : Berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan / dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran.
e. Promotion : Berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran.
5. Sebutkan beberapa alternatif sistem pemasaran !
Jawab :
Beberapa alternatif sistem pemasaran yaitu :· Memaksimumkan Kepuasan Konsumen.
· Memaksimumkan Mutu Hidup.
· Memaksimasi nilai pelanggan.
· Memberikan kepuasan total pelanggan.
· Memaksimalkan nilai msa hidup pelanggan.
· Membentuk ikatan pelanggan yang kuat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar